Search

Post

no image

Basic sticking

Berdasarkan Stroke Motion ketika memukul, ada 4 teknik dasar sticking diantaranya:

    a. Full Stroke

Posisi awal stick di atas, setelah memukul posisi stick kembali ke atas.

    b. Down Stroke

Posisi awal stick di atas, setelah memukul posisi stick ditahan di bawah (tepat di markas, tidak disentuh ke head)

    c. Tap Stroke

Posisi awal stick ada pada markas, setelah memukul stick tetap di markas. Cara memukulnya adalah seperti halnya orang mengetuk pintu.

    d. Up Stroke

Posisi awal stick ada di markas, setelah memukul stick diangkat ke atas seperti posisi awal full stroke / down stroke

Bouncing (pantulan)

Bouncing adalah konsep dasar bermain musik di seluruh tipe dan jenis perkusi. Dengan bouncing kita bisa memaksimalkan getaran stick dan alatnya sehingga menghasil kan kuailitas suara yang maksimal dan masuk dalam harmoni musik. Konsep dasarnya adalah memaksimalkan gravitasi bumi, semakin tinggi dijatuhkan sticknya semakin tinggi pantulannya, semakin lama getarannya dan semakin besar suaranya.

Cara bermain atau teknik pukulan di Battery meliputi tiga otot utama yang dipakai yaitu lengan, pergelangan dan jari. Didalam perkusi ada istilah staccato dan legato untuk penggunaan ekspresi. Sebagian besar bermain adalah dengan cara legato. 

    a. Legato

Merupakan istilah musik dari bahasa Italia yang berarti diikat. Inti utamanya, legato adalah cara memainkan alat perkusi dengan warna suara yang tidak terputus. Pada Battery, legato, murni memaksimalkan pantulan yang ada tanpa ada paksaan stick untuk dijatuhkan ke drum. Tinggi pantulan disesuaikan dengan seberapa cepat pergelangan melontarkan stick keatas. 

    b. Staccato

Berasal dari bahasa Italia untuk menandakan artikulasi musik di mana panjang suara dari suatu not lebih pendek dari yang lainnya. Di dalam Battery cara menyeragamkannya untuk memainkan artikulasi musik adalah dengan cara melontarkan sticknya keatas kemudian dijatuhkan sesuai dengan gravitasi bumi ketika pertama kali terjadi sentuhan pantulan di drum langsung ditahan pakai jari. Dengan begini, getaran dari stick dan drum akan terhambat sehingga warna suara akan pendek.

No comments: