Search

Post

Susunan Dasar Teknik Perkusi

Susunan Dasar Teknik Perkusi

Susunan dasar teknik perkusi disni yang akan dibahas khusunya marching band, dimana teknik dasar ini sangat berguna dan bermanfaat untuk pemula yang akan menunjang ke teknik-teknik selanjutnya

1. Fulcrum

Ketika bermain, ada 3 titik fulcrum (poros) yang digunakan untuk mengeksekusi berbagai teknik / rudiment antara lain:

• Lengan

• Pergelangan tangan

• Jari

Dominasi penggunaan fulcrum tergantung dari teknik yang dimainkan dan cepat/lambat tempo permainan. Misalkan teknik single stroke ketika tempo lambat dominan menggunakan lengan, sedangkan semakin cepat tempo maka bergeser menjadi dominan menggunakan pergelangan tangan maupun jari. Lain halnya dengan teknik Diddles/Rolls. Ketika tempo lambat dominan menggunakan pergelangan tangan, sedangkan semakin cepat tempo/semakin rapat teknik Diddles/Rolls maka bergeser menjadi dominan menggunakan lengan.

2. Gripping

Ada 2 grip style yang umum digunakan dalam Marching Band section drumline, antara lain Match Grip dan Traditional Grip. Khusus untuk Cymbals menggunakan Garfield Grip. Pada match grip, posisi memegang stick hampir sama dengan posisi tangan ketika sikap siap tanpa memegang stick. Untuk fulcrum / poros pada jari jempol dan telunjuk harus rapat dalam kondisi apapun. Jari lainnya harus tetap menyentuh stick namun pada posisi relaks. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan kita dalam mengeksekusi berbagai teknik. Sedangkan pada traditional grip, posisi tangan kiri ketika memegang stick sama seperti halnya orang berjabat tangan. Stick diletakkan di antara jari jempol dan telunjuk sebagai fulcrum. Jari manis (dekat kuku) digunakan untuk menopang stick dari bawah. Jari tengah menempel pada jari telunjuk dan stick dalam posisi relaks, serta tidak boleh lepas ketika mengeksekusi berbagai teknik.

3. Posisi Markas

Posisi stick harus tepat di tengah head dengan sudut inklinasi (ketinggian) 15°. Untuk kedua ujung stick membentuk sudut 90° dan tidak boleh ada celah terlalu besar. Ketika bermain
posisi stick tidak boleh melebar dari markas kecuali ada visual tertentu.

4. Style Bermain

Posisi badan dan grip ketika bermain dengan match grip adalah seluruhnya SIMETRIS mencakup lebar bahu dan lengan, kemiringan stick dan ketinggian stick di markas maupun ketika bermain. Terdapat perbedaan dengan traditional grip yaitu pada bahu dan lengan tidak simetris serta perbedaan rotasi tangan kanan dan kiri ketika mengangkat stick.

No comments: