Search

Post

KIRAB BUDAYA

KIRAB BUDAYA

#THROWBACK2016 KIRAB

          Kalian udah pada tau kan kirab itu apa? Kirab adalah perjalan bersama-sama atau beriringan secara teratur dan berurutan dari depan samapai ke belakang dalam suatu rangkaian upacara (adat, keagamaan, dsb). Pada beberapa daerah ada juga yang menyebutkan pawai, Nah kirab dan pawai ini memiliki arti yang sama. 

          Jadi pada tahun 2016 yang lalu, MBUPN diberi kesempatan mengisi beberapa acara kirab yang diadakan di Jogja, yaitu kirab budaya dan kirab hut. Pada tanggal 7 Januari 2016 kemarin, Alhamdulillah MBUPN diberi kepercayaan untuk mengisi salah satu barisan dari Kirab Ageng Jumenegan Paku Alam X. Kita diundang langsung oleh pihak penyelenggara untuk ikut serta dalam Kirab tersebut.
         Dalam Kirab Ageng Jumeneng Paku Alam X kita hanya membawakan satu buah lagu karena kurangnya waktu latihan untuk persiapan, Lagu yang dibawakan adalah congratulation dan ditambahkan dengan drumbreak beserta visual. Untuk persiapan Kirab Ageng ini para player, teknis dan non teknis bersedia memotong waktu liburannya untuk berlatih mempersiapkan yang terbaik, Tidak hanya memotong liburan namun juga para player mendedikasikan waktu belajarnya untuk berlatih agar dapat tampil memuaskan, Karena sangat kebetulan kirab ini berlangsung berdekatan pada waktu ujian akhir semester di UPN. 
          Pada hari H semuanya berjalan dengan lancar. Dari pagi kita sudah berkumpul di gudang untuk bersama-sama berangkat ke kediaman Paku Alam X, tempat dimana berlangsungnya acara. Kirab baru dimulai pada siang hari dan ditemani oleh matahari yang sangat terik. Dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan jalan yang sangat lambat (karena di depan banyak kereta kuda, kuda, dan gajah jadi harus nunggu dan kita dapet urutan agak terakhir) ada beberapa player yang tumbang karena sudah tidak kuat. Rintangan lainnya yang dihadapi pada saat kirab dimulai yaitu banyak sekali 'ranjau' bertebaran di jalanan, ranjau kuda dan ranjau gajah, Tau kan apa yang dimaksut sama ranjau? xixixixixi

            Selanjutnya adalah Kirab Memperingati HUT RI dan Bank Indonesia. Kirab HUT RI dan BI ini diselenggarakan di malioboro. Kirab dilaksanakan sepanjang jalan maliobro dan berakhir di alun - alun utara.














No comments: